«

Aug 18

Pidato Ketua Umum ADGVI

Dalam pidato pengukuhan Pengurus Pusat ADGVI, Ketua Umum ADGVI menyampaikan: ….  ADGVI sebagai asosiasi para profesional pendidikan Vokasi di Indonesia akan berusaha semaksimal mungkin mewujudkan visi dan misinya. Ke depan ADGVI akan bersungguh-sungguh menjadi parner profesional bagi Pemerintah, yaitu dengan takaran yang proposional didalam mengembangkan dan menyelenggarakan Pendidikan Vokasi di Indonesia. Sebagai parner, ADGVI dijamin mampu memberikan masukan konstruktif yang mutakhir….

 

 

 

Sambutan Ketua Umum

Bismillahirramannirrahim,

Yth. Para Pengawas Asosiasi, para pengurus pusat, anggota asosiasi, serta para tamu undangan

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita dan selamat pagi.

Pertama sekali marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, hidayah dan rejeki yang senantiasa dilimpahkan kepada kita semua. Melalui momen kegiatan ini kita semua  bersyukur sekaligus memanjatkan doa agar kita semua tetap menjadi orang-orang yang diridloi-Nya, amien ya Rabbal alamien.

Para profesional dan hadirin yang cendekia,

Terbitnya undang-undang sisdiknas tahun 2003 merupakan babak baru yang sangat strategis bagi perjalanan pendidikan di Indonesia. Menurut perspektif sebuah perencanaan, penyelenggaraan maupun ketepatan jalan bagi pencapaian tujuan Pendidikan nasional kita, maka tampak pendekatan-pendekatan yang harus dilaksanakan sebagai konsekuensi logis dari undang-undang sisdiknas itu menjadi sangat jelas. Bermula dari tujuan pendidikan, standar-standar yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan pendidikan sampai pada prediksi bagaimana posisi hasil pendidikan yang melekat pada peserta didik ketika harus dihadapkan pada dunia kerja dengan segala variasi tuntutannya. Hal itu semua menjadi gamblang dengan terbitnya sisdiknas 2003. Di samping itu Peranan Asosiasi juga sudah mulai mendapat tempat semestinya di dunia pendidikan. karena hal itu pada dasarnya memenuhi tuntutan Undang-Undang serta beberapa peraturan yang menunjang pemikiran yang ada di dalam undang-undang Sisdiknas, di samping hal yang demikian itu memenuhi kelaziman di negara-negara yang sudah maju.

Para profesional dan hadirin yang cendekia,

ADGVI sebagai asosiasi para profesional pendidikan Vokasi di Indonesia akan berusaha semaksimal mungkin mewujudkan visi dan misinya. Ke depan ADGVI akan bersungguh-sungguh menjadi parner profesional bagi Pemerintah, yaitu dengan takaran yang proposional didalam mengembangkan dan menyelenggarakan Pendidikan Vokasi di Indonesia. Sebagai parner, ADGVI dijamin mampu memberikan masukan konstruktif yang mutakhir. Misalnya, dalam rangka merevitalisasi kurikulum Pendidikan Vokasi, perbaikan bagi penyelenggaraan pendidikan vokasi serta mengembangkan kualitas keprofesionalan dosen dan guru vokasi pada umumnya. Di samping  secara normatif memberikan advokasi dan perlindungan karer ketika dibutuhkan oleh para anggotanya, yaitu pada kurun sepanjang perjalanan karer mereka, atau tepatnya kita semua. Dalam waktu dekat ini ADGVI ingin menawarkan salah satu perannya kepada Pemerintah,  yaitu, membantu Pemerintah secara proporsional dalam merumuskan langkah-langkah sertifikasi bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di bidang vokasi.

Para Profesional dan hadirin yang cendekia,

 

Dalam usaha merealisasikan dan mengaktualisasikan peran dan fungsi pokoknya itu, kiprah ADGVI akan dilanjutkan secara terencana. Diantaranya menyelenggarakan rapat kerja nasional guna merumuskan strategi pencapaian Visi-Misi ADGVI. Rumusan pemikiran yang kiranya dapat menjadi pedoman kerja bagi pengurus di tingkat nasional, wilayah maupun daerah. Para pengurus ADGVI sendiri adalah pemikir, pelaku dan praktisi Pendidikan Vokasi terbaik yang dimiliki Indonesia.

Para Profesional dan hadirin yang cendekia,

 

Dalam kesempatan ini selaku ketua umum ADGVI, saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus, anggota, dan simpatisan ADGVI yang hadir dari seluruh penjuru tanah air. Forum pengukuhan ini menjadi sebuah perwujudan tentang tingginya komitmen kita semua dalam rangka membangun eksistensi ADGVI dalam pembangunan SDM Indonesia yang lebih berkualitas. Sebagai organisasi para profesional, ADGVI terus berupaya memperkuat peran dan fungsinya sehingga sejajar dengan asosiasi profesi lain yang sudah berjalan cukup lama. Salah satu peran penting ADGVI di tataran ilmiah yaitu melestarikan dan menyebarluaskan hasil karya ilmiah anggota ADGVI ke seluruh anggota serta lembaga ilmiah lain, juga Pemerintah khususnya para birokrat yang menangani Pendidikan Vokasi. Format penyebaran karya tersebut melalui jurnal ilmiah yang sudah dimiliki ADGVI, yaitu “Jurnal Pendidikan Vokasi”. Rencana selanjutnya berkait dengan konteks ini yaitu menjalin komunikasi yang saling membangun dengan lembaga sejenis di level Internasional.

Para Profesional dan hadirin yang cendekia,

 

Pada tahun-tahun belakangan ini, tugas Pemerintah sangat berat, diantaranya terkait dengan proses sertifikasi Dosen dan guru. Porsinya tidak sekedar dalam hal penyelenggaraan proses sertifikasi dalam perspektif kuantitatif saja, tetapi juga lebih pada belum tepatnya moda sertifikasi yang dilaksanakan, yang belum sesuai benar, atau permasalahan sertifikasi ini berada dalam ranah kualitatif. Sebutan “profesional” yang dilekatkan kepada guru dan dosen sudah seyogyanya diperoleh melalui proses sertifikasi yang tepat, yaitu melalui proses yang sesuai  dan memenuhi kelaziman sertifikasi bagi suatu keprofesionalan yang seharusnya ditempuh. Berdasar pada kondisi yang ada ini, ADGVI ingin berparner dengan Pemerintah, yaitu ikut berpartisipasi memantabkan proses sertifikasi bagi Dosen dan guru Vokasi. ADGVI memiliki SDM yang sangat memadai untuk peran fungsional semacam itu. SDM ADGVI terdiri dari banyak profesional yang bekerja sebagai guru besar, dosen dan guru bidang pendidikan vokasi di berbagai Universitas, Politeknik dan SMK yang tersebar di seluruh Indonesia. ADGVI akan  mengembangkan instrumen pengukuran kinerja keprofesionalan dosen dan guru vokasi yang paling mendekati ke substansi riilnya. Dan yang didasarkan pada kajian akademik/hasil penelitian serta rujukan-rujukan dari asosiasi profesional sejenis di level Internasional.

Para Profesional dan hadirin yang cendekia,

 

Ijinkan dalam kesempatan ini pengurus ADGVI menyampaikan berganda terimakasih kepada Rektor UNY, yang telah mengijinkan penggunaan tempat pengukuhan ini. Juga kepada para pakar pendidikan vokasi yang telah membulatkan tekad guna berkhidmad dan berhimpun bersama dalam wadah asosiasi ini. Karena kita semua meyakini bahwa Visi dan Misi ADGVI adalah sebuah upaya besar yang cerdas dan strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan Vokasi di negara Indonesia tercinta ini. Selamat berjuang saudara-saudaraku semoga Allah SWT meridloi perjuangan kita semua, amien.

Billahitaufiq wal hidayah.

 

Wasalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Tazim kami,

Prof. Santo

No. Reg.: 03.00001.2009

Download Pidato Ketua Umum ADGVI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>